MAKI Jatim Gelar Trade Halal Festival 2024 di Sutos Surabaya Menjelang Ramadhan

  • Jumat, 08-Maret-2024 (11:35) Info Layanan supereditor

    SURABAYA || Infopol.news - MAKI Jatim bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menggelar Trade Halal Festival (JTHF) menjelang Ramadhan 2024. Pameran produk halal ini akan diselenggarakan mulai 9 Maret hingga 6 April 2024 di Surabaya, bertempat di Atrium Mall Sutos Town Square (Sutos). Pameran ini, yang diusung dengan konsep "ONE STOP MOSLEM ENTERTAINMENT", akan menjadi pusat perbelanjaan dan hiburan bagi umat Islam selama bulan puasa dan menyambut Lebaran.

    JTHF 2024 menawarkan lebih dari 120 tenant yang terdiri dari UMKM, pusat hampers, pusat inkraft, pusat fashion, pusat food, pasar sembako murah, dan buka puasa untuk hampir 300 orang. Bertempat di V-New dan Atrium Mall Sutos Surabaya. JTHF bakal menampilkan berbagai produk buatan UMKM lokal. Ada makanan, minuman, fashion, kriya dan lainnya.

    Menariknya, juga ada pasar sembako murah dan 1000 takjil gratis bagi pengunjung setiap harinya. JTHF 2024 sendiri melibatkan sejumlah dinas, yakni Dinkop dan UKM, Disperindag, Dinas Peternakan, Dinsos, Biro Perekonomian, Dinas Kehutanan, PTPN IV Jatim dan juga Serta didukung tiga Dinas PU ( Dinas PU Bina Marga, Dinas PUPR dan Dinas PU Sumber Daya Air ).

    "Dukungan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendorong geliat ekonomi dan UMKM di Jawa Timur," kata Heru, di Resto Nine Surabaya, Kamis (7/3/24).

    Ketua MAKI Jatim Heru sebagai penyelenggara mengatakan latar belakang kegiatan ini adalah karena melihat tingginya angka pelaku UMKM di Jatim. Jumlahnya mencapai 9,6 juta orang.

    "Angka ini hampir 25 persen dari jumlah penduduk di Jatim," kata Heru saat press conference.

    Sektor UMKM merupakan salah penopang utama perekonomian Jatim, di mana sebagian besar bergelut pada produksi makanan dan minuman dan Pameran seperti ini dapat mewadahi usaha mereka secara berkelanjutan. Acara ini Menyajikan beragam kuliner untuk mendukung budaya buka puasa bersama, mulai dari Western Food, Indonesian Food, hingga Traditional Food. Tersedia juga venue bukber yang luas dengan kapasitas mencapai 800 orang, dilengkapi dengan panggung dan sound system untuk hiburan serta area bermain untuk anak-anak.

    Tempat untuk membeli beragam kue kering dan makanan untuk hampers Lebaran. Panitia telah melakukan kurasi kue dan makanan dengan kualitas dan harga yang kompetitif, serta menyediakan booth khusus untuk pemesanan hampers dengan layanan pengiriman. Menyediakan berbagai produk craft dan makanan beku yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dapur selama bulan puasa, serta sebagai alternatif ketika asisten rumah tangga pulang kampung.

    Dan juga menawarkan sembako dengan harga terjangkau sesuai dengan semangat Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menekan kenaikan harga sembako. MAKI selalu berusaha semaksimal mungkin selama menggelar event mengadakan lomba untuk menopang jumlah pengunjung, Heru juga mengatakan JTHF 2024 menargetkan transaksi harian senilai Rp 2 miliar rupiah untuk penjualan hampers. Diperkirakan trafik pengunjung akan meningkat pada minggu ketiga penyelenggaraan.

    "Persiapan acara telah mencapai 95% dan siap menyambut antusiasme masyarakat," tambahnya. (Har)

Share This :

Copyright © 2020 CV. Natusi