DITRESNARKOBA POLDA JATIM BERHASIL SELAMATKAN 20 RIBU WARGA JATIM DARI PEREDARAN 8,3 KG NARKOBA

  • Rabu, 26-Agustus-2020 (23:25) Nasional editor

    SURABAYA, Polda Jawa Timur berhasil menyelamatkan 20 ribu warga Jawa Timur dari bahaya narkoba jenis sabu –sabu. Hal ini dikatakan oleh Diresnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Cornelis Maharagung Simanjutak dalam Jumpa pers yang diadakan di Mapolda Jatim, Rabu (26/8/2020) siang tadi.

    Dalam jumpa pers tersebut Cornelis mengungkapkan pihaknya telah membongkar 2 jaringan peredaran narkoba jenis sabu yang berasal dari Malaysia. Pertama, jaringan Jakarta dengan barang bukti sabu seberat 5,3 kg yang kemudian mengamankan satu orang tersangka Hari Junanto (43) warga Sukomanunggal Kota Surabaya. Tersangka berhasil ditangkap pada tanggal 18 Juni 2020 yang saat itu akan menjemput mobil Grandmax bernopol B 1627 UKD yang berisi 5 bungkus sabu di halaman parkir parkir mall tepatnya di Jalan Raya Sultan Hamengkubuwono X, Ujung Menteng, Cakung Kota Jakarta. Cornelis mengungkapkan tersangka Hari ini berhasil ditangkap dari pengembangan dari tersangka Dio Anggriawan yang ditangkap sebelumnya dengan barang bukti sabu seberat 10 Kg. 

    Kemudian jaringan kedua yakni jaringan Pasuruan dengan barang bukti yang berhasil disita sabu seberat 3,1 Kg. Polisi berhasil mengamankan 2 tersangka yakni berinisial L warga Pasuruan dan NS warga Jombang. Saat diinterogasi tersangka mengaku narkoba yang akan mereka edarkan bearasal dari Jakarta. “ Jadi total barang bukti yang berhasil kami amankan seberat 8,4 kg. Ini berarti Polda Jatim berhasil menyelamatkan 20 ribu warga Jawa Timur dari bahayanya barang haram tersebut,” tegas Cornelis di depan para wartawan. Sementara dari gerak –gerik para tersangka modus yang digunakan dengan sistem penjemputan. Setelah berhasil menjemput, barang haram tersebut baru diedarkan. Para tersangka mengaku akan mengedarkan narkoba tersebut di Jawa Timur termasuk Pulau Madura.

    Hingga kini pihak diresnarkoba Polda Jatim terus melakukan pengembangan dan penyidikan terhadap peredaran narkoba khususnya Jawa Timur. “ Kami bertekad akan terus melawan dan memberantas peredaran narkoba hingga ke akar-akarnya,” pungkas Cornelis. bay

Share This :

Copyright © 2020 CV. Natusi