Lahan Seluas 3.5 Hektar Yang Dulu Tanah Bebatuan Kini Jadi Lahan Produktif Siap Di Tanami

  • Sabtu, 12-Maret-2022 (16:55) Ekonomi supereditor

    MOJOKERTO | Infopolnews - Tambang Galian C yang berada di Dusun Gero, Desa Jatidukuh Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto kini tidak hanya di Exploitasi hasilnya, ditangan pengusaha galian ini, tanah yang dulunya bebatuan kini menjadi lahan produktif seluas sekitar 3.5 hektar menjadi lahan yang bermanfaat dan siap ditanami.

    Hal penting yang sudah dilakukan adalah mengambil bebatuan yang terkandung di dalam tanah, juga memanfaatkan aliran sungai yang tidak beraturan menjadi baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    Pengusaha Galian C Sahrial, melalui Rahmad kordinator lapangan menjelaskan, untuk pemanfaatan lahan yang produktif, dirinya mengajak masyarakat mengembangkan tanaman pangan serta mengembangkan tanaman lokal, seperti jagung, terong dan rencananya untuk tanaman padi.

    "Nantinya, kalau sudah selesai reklamasi, semua lahan yang sudah bisa dimanfaatkan dan produktif akan kita serahkan ke masyarakat," jelas Rahmad, saat ditemui di lokasi Galian C, Sabtu (12/3/2022)

    Ismaji (54) Warga Dusun Gero, Desa Jatidukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto mengaku sangat senang ada seorang pengusaha Galian C yang peduli dengan warga sekitar.

    "Dulunya tanah bebatuan besar-besar tidak bisa dimanfaatkan, sekarang setelah ada Galian bisa di tanami dan dimanfaatkan," ungkap Ismaji dengan raut wajah gembira saat di konfirmasi Infopolnews bersama media lain, (12/3/2022).

    Senada yang dikatakan petani asli warga setempat, jalan yang dulu hanya setapak sekarang menjadi lebar. Sehingga nantinya apabila petani panen,akses jalan bisa menjadi lancar dan berharap semoga menjadi contoh pengusaha galian lainnya.

    "Sepuluh hari lagi kita panen jagung, dan Insya Allah hasil penjualan panen bisa mencapai keuntungan sekitar Rp 8 juta," pungkas Ismaji. (Hardi)

Share This :

Copyright © 2020 CV. Natusi