Diduga Tempat Pemotongan Hewan Bodong Resahkan Warga

  • Kamis, 25-November-2021 (11:28) Info Layanan admin123

    Diduga Tempat Pemotongan Hewan Bodong Resahkan Warga Sekitar

    Surabaya, Infopol.news -  Tim investigasi Infopol.news  menemukan ada rumah potong hewan (RPH) yang diduga kuat ilegal atau operasionalnya tidak disertai izin lengkap. Temuan tersebut belum tercium Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Timur dan Polda Jawa Timur. 

    "Sudah kami sampaikan surat aduannya. Kami ingin pihak-pihak tersebut segera menindaklanjutinya. Akan kami tunjukkan lokasinya dan siapa pemiliknya," ujar Bay, 

    Bay menemukan, RPH diduga ilegal tersebut menghasilkan limbah yang mencemarkan lingkungan.

    Contohnya kotoran sapi yang dipotong, dibuang begitu ke saluran air di depan RPH. Air bercampur limbah itu mengalir ke kolam yang tak jauh dari lokasi RPH.

    Tidak hanya itu, darah sapi yang dipotong juga mencemari lingkungan.

    Menurut Bay, warga disekitar RPH banyak yang mengeluhkan bau kotoran sapi, begitu juga bau amis yang ditimbulkan oleh darah sapi.  Selain menyoroti terkait limbah dari RPH, Bay juga menyinggung kesehatan sapi yang dipotong di RPH tersebut. 

    Bay khawatir, sapi yang dipotong bisa menyebarkan penyakit mengingat saat pemotongan, sapi-sapi itu tanpa pemeriksaan oleh dokter hewan. 

    "Kita mengingat lagi penyakit Antraks yang mudah menyebar ke manusia salah satunya lewat sapi. Maka itu, penting bagi tenaga kesehatan untuk memeriksa setiap hewan yang mau dipotong di RPH. Tapi di RPH yang kami temukan, saat kami selidiki, diduga tidak melibatkan tenaga kesehatan. Jangan-jangan juga, sapi yang dipotong ialah sapi betina produktif. Atau juga ada praktik gelonggongan. Karena itu diluar pengawasan instansi yang berwenang," jelas Bay.


    Sementara itu, dikesempatan berbeda H sahri asli warga setempat  sempat didatangi tim investigasi dari infopol.news untuk klarifikasi usaha tersebut pada jam 3 pagi, Diketahui, Memang sahri kalau potong hewan sehari bisa 4 ekor sapi di lokasi tersebut pada pukul 12 malam dan kotoran sapi atau sisa dari potongan di buang di samping gudang yang salurannya buntu. Kata warga sekitar yang mengetahui diduga usaha potong hewan sapi abal - abal.

    Menurut keterangan dari beberapa warga sekitar yang tak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa sahri banyak kenalan aparat  pak, Kita jadi takut pak," imbuhnya kepada wartawan.

     Sebelum di lokasi bekas las atau cat mobil.. H sahri buka di daerah jabon arah ke semampir masih wilayah sidoarjo kata salah satu  warga setempat yang tidak kuat Sama bau bekas potong hewan sapi tersebut. (Red).

Share This :

Copyright © 2020 CV. Natusi