Sidang Praperadilan Elliany Soetikno Saksi Menjadi Tersangka

  • Jumat, 30-Juli-2021 (20:12) Info Layanan admin123

    Surabaya, Infopol.news - 
    Hakim Majelis Pengadilan Negeri Surabaya, menyidangkan  Perkara  Gugatan Praperdilan atas pemohon Elliany Soetikno Binti Soetikno warga Babatan Pratama 27,GG - 26 Wiyung Surabaya, sedangkan Termohon 1 Polresbes Surabaya dan Termohon 2 Kejaksaan Negeri Tanjung Perak .

    Pada sidang  yang digelar di R Garuda 1 Pengadilan Negeri Surabaya dengan Hakim Tunggal Sutarno SH,Mh dengan agenda masing masing pemohon dan termohon mengumpulkan kesipulan pada Ketua majelis hakim.dan sidang akan dilanjutkan pada tanggal 2 Agustus 2021.( 29 Juli 2021 )

    Usai persidangan termohon 1 dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Willy Gede Pratama Putra  SH , mengatakan 
    Bahwa menurut Pemohon Kalau Penyidik Polresbes menyerankan Spdp diKejaksaan dianggap tidak sah kan masih ada waktu 7 hari. Klau bagi saya penyerahan spdp di kejaksaan yah  sah .ucap Willy .


    Isi dalam Petitum  Perkara Praperadilan Diantaranya ; Menyatahkan surat nomor ;S - Tap/ 191 / VI / Res . 1.24 / 2021/ Satrekrim tentanggal 15 Juni 2021 tentang Peralihan status Saksi menjadi tersangka yng ditetapkan  diSurbaya   pada Tanggal 15 JUni 2021 adalah Cacat Hukum dan tidak sah menurut hukum sehingga tidak mempunyai Kekuatan hukum yang mengikat terhadap Pemohon.


    Menyatankan Surat Perintah Penangkapan Nomor SPRIN-KAP/285/VI/RES.1.24/2021/5atreskrim Tertanggal15 Juni 2021, Pemohon dilakukan Penangkapan pada tanggal 15 Juni 2021 dan Surat Penintah Penahanan Nomor :SPRIN-HAN/240/V/RE
    S.1.24/2021/Satreskrim tertanggal 16 Juni 2021, terhitung mulai tanggal 16 Juni 2021 S/d 05 Juli 2021 Pemohon ditempatkan di rumah tahanan Polresbes Surabaya untuk selama 20 (dua puluh) hari  adalah Cacat Hukum dan tidak sah menurut
    hukum  sehingga hidak mempunyai ke kuatan hukum yang mengikat terhadap Pemohon.

    Menyatakan perbuatan Pemohon sebagai tersangka tidaK Terdapat cukup bukti atau Peristiwa antara Pemohon dan termohon selaku Pelapor dan terlapor  bukan merupakan tindak pidana sehingga penyidikan harus di hentikan demi hukum.


    Menghukum dan memerintahkan kepada  Termohon l untuk mengeluarkan Surat Ketetapan Perintah Penghentian Penyidikan dan dengan segera memberitahukan  hal itu kepada Penuntut Umum, Pemohon atau keluarganya sejak putusan.

     Mermerintahkan kepada Termohon I unfuk segera mengeluarkan Pemohon dari rumah tahanan Polresbes surabaya terhitung sejaK putusan ini di ucapkan.

     Menyatakan memulihkan nama baik harkat dan martabat Pemonon seperti keadaan  semula sejak putusan.

    Menghukum Termohon I dan Termohon lI untuk tunduk dan patuh terhadap Putusan Yang berkekuatan hukum sejak putusan di ucapkan.*har.

Share This :

Copyright © 2020 CV. Natusi