KH. Syarifuddin Menghimbau Hari Raya Idul Adha Warga Madura Tak Mudik Atau Toron

  • Jumat, 16-Juli-2021 (15:01) Info Layanan admin123

    Bangkalan, Infopol.news - Pandemi corona yang masih tinggi di kabupaten Bangkalan selama hampir 2 bulan terakhir ini, rupanya mengundang reaksi sejumlah pihak untuk bersama sama berusaha mengurangi penyebaran virus mematikan ini. Salah satunya datang dari KH. Syarifuddin Damanhuri yang tak lain merupakan ketua MUI Kabupaten Bangkalan.

     Ditambah menjelang perayaan Idul Adha 1442 H yang tinggal hitungan hari, dipastikan animo masyarakat untuk mudik ke Madura akan semakin tinggi.

    Toron (bahasa Madura) artinya Turun, Turun bagi orang madura bermakna Turun ke bawah, artinya orang madura yang sedang merantau, menikah, bekerja ke luar daerah, maka mereka akan mudik atau pulang ke kampung halamannya. “Jadi mudik di Madura itu, tidak hanya Idul Fitri saja, Tapi saat Idul Adha itu animo masyarakat sangat tinggi.

     Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat di luar Bangkalan untuk tidak mudik atau ‘toron’ dulu. Kita tunggu situasi kondusif,” terang sang Kyai.

    KH. Syarifuddin juga menjelaskan bahwa hal ini merupakan langkah yang diambil untuk saling menjaga dan mengurangi resiko penularan wabah virus corona. “Dengan masyarakat kita di luar sana yang saat ini sedang merantau tidak ‘toron’, itu sama dengan menjaga diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar. Corona ini ada. Dan, kita harus selalu mewaspadainya. Semoga, ikhtiar kita untuk tidak ‘toron’ dulu taun ini bisa menjadi salah satu bentuk usaha kita bersama dalam mencegah penyebaran virus corona,” tambah beliau.

    Kiai yang terkenal bersahaja ini juga mengatakan bahwa silaturahmi tetap bisa dilakukan mesti sedang berjauhan. “Semoga dengan kecanggihan teknologi yang ada, sama sekali tak menyurutkan khidmatnya ‘toron’ dan bersilaturahmi meski dengan virtual. Insyaallah semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa bebas berkumpul bersama keluarga seperti sebelumnya,” tutup Kyai Syarifuddin ini ketika dimintai keterangan via telepon seluler, Kamis (15/07/2021). Miftah.

Share This :

PENCARIAN

PROFIL

PENGUNJUNG

Hari Ini : 329 Pengunjung
Total Pengunjung : 187121 Pengunjung

Copyright © 2020 CV. Natusi