Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Karangpilang Peroleh Penghargaan Kapolda Jatim

0
67

Infopol.news || Surabaya – Keberhasilan anggota polri dalam menjalankan tugas  tergantung penilaian pimpinan , masyarakat dan media. Apresiasi  terhadap kinerja polri telah dicanangkan oleh  Kapolri dan kapolda Jatim, bahwa anggota Polri yang berprestasi akan menjadi atensi pimpinan untuk terus diberikan reward, begitu pula sebaliknya.Pemberian penghargaan terhadap anggota Polri telah dibuktikan  melalui sinergitas antara media dan Polri.

Kapolda Jatim di HUT Bhayangkara 73 Rabu (10/7/19) memberikan para anggota kepolisian agar lebih berprestasi. Diantaranya adalah Anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Polrestabes Surabaya yang mendapatkan penghargan yaitu Bripka Sido Suscahyo. Psi. Bhabinkamtibmas kel. Karangpilang Polsek karangpilang Polrestabes Surabaya.

Bripka Sido Suscahyo. Psi.
Bhabinkamtibmas Kel. Karangpilang menginisiasi warga untuk membentuk Pos Kamling GOJALI (Gotong Royong Jaga Lingkungan) dengan konsep kearifan lokal (beras jimpitan disetiap rumah). merupakan Pengembangan program DDS (Door To Door System) yaitu dengan petugas jaga Pos kamling berpatroli dor to dor ke rumah mengambil beras jimpitan yang disiapkan disetiap rumah untuk ditampung pada Wadah yang tersedia di Pos kamling Gojali dan apabila sudah terkumpul beras tersebut akan di sumbangkan ke warga tidak mampu di sekitar wilayah tersebut.

Dengan konsep tersebut mampu mengendalikan dan menekan angka kriminalitas di wilayah kel. Karangpilang yang mana Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan Sat Reskrim untuk pemetaan daerah rawan kejahatan sehingga Sat Reskrim mampu untuk ungkap kasus dengan kerjasama bersama Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas Bripka Sido Suscahyo juga pernah mengungkap kasus pencurian Printer di sekolah dengan metode pengungkapan melalui pendekatan psikologis. Dan karena pelaku merupakan anak dibawah umur sehingga dilakukan problem solving dengan mengundang orang tua masing – masing.

Keberhasilan ungkap kasus dan kunjungan JICA di wilayah kel. Karpil dan paparan dari bhabinkamtibmas kel. Karangpilang tersebut di apresiasi oleh tim supervisi Baharkam Polri dan Jica dengan di berikan penghargaan dari JICA.

Inovasi Bhabinkamtibmas dalam bidang Pertanian yaitu dengan menginisiasi warga dengan terbentuknya Kampung Hidroponik dengan pemanfaatan lahan yang sempit tetapi memiliki nilai tambahan bagi penduduk dalam pengembangan penanaman Hidroponik.

Inovasi Bhabinkamtibmas dalam bidang pengembangan Ekonomi masyarakat yaitu dengan menginisiasi warga untuk menggalakkan program BANK SAMPAH dengan tujuan untuk menambah penghasilan warga serta pemanfaatan sampah yang bedaya guna serta kepedulian terhadap lingkungan.

Bhabinkamtibmas bersama 3 Pilar melaksanakan kegiatan yang bertajuk Cangkru’an Kamtibmas Bersama 3 Pilar di setiap RT untuk mendengarkan secara langsung keluhan warga apabila ada permasalahan di masyarakat dengan mengedepankan upaya kekeluargaan / Problem solving untuk mencari solusi.

Bhabinkamtibmas Kel. Karangpilang sebagai Inisiator program Pemkot Surabaya yaitu KP KAS (Kampung Pendidikan Kampung’e Arek Suroboyo ) melalui program “JIMPITAN DEMI GOJALI” yang merupakan pengembangan dari program DDS (Door To Door System) yang mengangkat nilai kehidupan asli warga kota surabaya dengan mengutamakan KEARIFAN LOKAL sehingga Profil dan Program Bhabinkamtibmas Kel. Karangpilang masuk dalam Buku terbitan Pemkot Surabaya yaitu Buku “Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo” edisi tahun 2018.( HND ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here